5 Makanan Yang Memiliki Manfaat Untuk Kesehatan Otak

Otak merupakan organ penting ditubuh yang mengendalikan semua pikiran, gerakan, dan sensasi disaat bersamaan juga memperkirakan dan bereaksi dengan kecepatan cahaya. Otak juga memiliki fungsi sebagai tempat penyimpanan data gambar, teks, dan konsep didalam jumlah yang bukan main banyaknya. Otak juga berfungsi menjadi pengatur ribuan fungsi kompleks, biasanya tanpa harus memberi tahu kepada si pemilik tubuh mengenai rincian tepatnya, seperti mengatur irama sirkadian, keseimbangan hormone, pernapasan, aktivitas alam bawah sadar, serta aliran darah. Ini berarti fungsi otak memiliki kinerja yang tiada henti meski kita sedang tertidur.

Otak merupakan organ tubuh yang paling banyak menyerap energi dan nutrisi ditubuh kita. Dengan berat hanya dua persen dari total berat badan, otak bisa menyerap energi lebih dari 20 persen dari total asupan kalori harian. Kemudian, setengah dari energi yang masuk ke dalam sinyal pesan bioelektrik yang dikirim oleh otak melalui neuron menjalar ke seluruh tubuh.

Apa yang kita makan akan mempengaruhi kinerja otak. Kita mengetahui bahwa makanan juga dapat mempengaruhi tubuh, namun apa yang kita makan akan mempengaruhi suasana hati kita, energi otak, memori serta kemampuan alami tubuh untuk bisa menangani stress, masalah sulit atau bahkan sekedar tugas sederhana. Jadi, makanan apa yang baik dan benar untuk kesehatan otak kita? Berikut 5 makanan yang bermanfaat untuk kesehatan otak:

  • Alpukat

Buah alpukat kaya akan vitamin E termasuk alpukat, yang tinggi akan antioksidan vitamin C telah dikaitkan dengan resiko lebih rendah terkena Alzheimer jika kita memakan buah alpukat ini. Memang benar bahwa buah ini memiliki kandungan lemak yang tinggi, namun kandungan lemak tersebut masih tergolong lemak tak jenuh tunggal, yang berkontribusi terhadap sirkulasi darah yang sehat. Aliran darah ke otak menjadi lancer dan sehat.

  • Berry

Penelitian mengungkapkan bahwa buah berry seperti strawberry, blueberry, dan acai berry dapat membantu menghentikan kemampuan kognitif yang menurun akibat factor usia yang bisa memelihara mekanisme “bersih-bersih” otak yang bisa using seiring factor usia bertambah.

Mekanis ini membantu menyingkirkan protein beracun dan radikal bebas yang berkaitan dengan hilang ingatan akibat usia tua, serta melindungi neuron dari kerusakan.

  • Ikan

Ikan seperti tuna, salmon, sarden, dan ikan yang memiliki kandungan minyak tinggi lainnya seperti kandungan lemak omega 3 yang baik untuk kesehatan jantung dan tubuh secara keseluruhan. Apa yang membuat ikan berminyak begitu baik adalah bahwa mereka mengandung bentuk aktif dari lemak ini. EPA dan DHA, dalam bentuk siap pakai, yang memungkinkan tubuh untuk bisa menggunakan asupan tersebut dengan mudah.

  • Sayuran hijau

Kale, bayam, brokoli, dan sayuran berdain hijau memiliki sumber vitamin E dan asam folat yang tinggi. Misalnya 225 gram bayam mentah memiliki 15% asupan vitamin E harian anda, dan 100 gram bayam dimasak mengandung 25% asupan harian anda.

Persisnya bagaiamana fungsi asam folat sebagai pelindung kesehatan otak masih dalam penelitian, namun mungkin saja bisa dicapai dengan menurunkan tingkat asam amino, yang dikenal sebagai homosistein, dalam darah.

  • Gandum utuh

Otak tidak dapat bekerja sendiri tanpa asupan energi lebih. Kemampuannya untuk focus dan berkonstrasi berasal dari asupan glukosa yang stabil dan cukup. Asupan glukosa ini dapat diperoleh dari biji-bijian gandum utuh dengan kadar indeks glikemiknya yang rendah (LOW GI). Karbohudrat kompleks dari gandum utuh akan dicerna sangat lamban oleh tubuh, dan memungkinkan untuk bisa tetap focus dan waspada selama berjam-jam.

Variasi dari makanan diatas dapat membantu kita dalam memelihara kesehatan otak. Namun, jangan lupa bahwa pola makan sehat harus diimbangi dengan olahraga yang rutin dan teratur agar peredaran darah dan oksigen keda dalam otak menjadi lancer.

Admin Yubli 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

6 Manfaat Bermain Video Game Untuk Otak

Wed Jul 24 , 2019
Bermain video game kerap kali dikaitkan dengan kebiasaan malas. Terlebih lagi anggapan orang tua yang tidak menyukai anaknya memiliki kebiasaan bermain video game hingga larut malam. Padahal disejumlah negara, gamer professional memiliki profesi yang mendatangkan income dalam jumlah yang besar. Bukan hanya itu, sebuah penelitian mengemukakan bahwa ada enam keuntungan […]