Mengenal Jenis Hardisk dan Fungsinya

Hardisk merupakan bagian terpeting yang harus kita miliki untuk bisa menggunakan perangkat computer. Kapasitas hardisk yang berbagai macam bisa kamu dapatkan dari yang kapasitasnya kecil hingga besar sesuai dengan kebutuhan komputermu.

Dari yang kapasitasnya kecil seperti Kb yang hanya ada di zaman dahulu dan tentunya kapasitas tersebut tidaklah cukup untuk zaman sekarang. Dan di zaman sekarang yang sudah memiliki kapasitas yang besar sampai TB atau Terabyte.

Fungsi hardisk tentu sangat penting sebagai bagian dari perangkat computer. Semakin besar kapasitas hardisk di dalam sebuah computer maka semakin baik juga kinerja pacu pada CPU dalam membaca program atau aplikasi apappun pada data yang sedang dijalankan.

Jenis-jenis Hardisk

IDE/ATA

Jenis hardisk yang pertama yaitu IDE atau ATA. IDE atau Integrated Devices Electronics, sedangkan ATA atau kepanjangan dari Advanced Technology Attachment.

Hardisk jenis ini memiliki kapasistas yang sangat kecil hanya memiliki kapasitas maksimal sebesar 320 GB. Hardisk jenis ini sudah jarang digunakan oleh orang lain, karena kapasitasnya yang kecil tersebut. Hardisk ini dinilai tidak praktis dalam pemakaiannya sehingga mulai ditinggalkan oleh pengguna computer

SATA

Jenis hardisk yang kedua yaitu SATA atau Serial Advanced Technology Attachment. Jenis hardisk satu ini merupakan jenis yang sekarang banyak digunakan di perangkat computer atau laptop konvensional.

Kapasitasnya jauh melebihi hardisk sebelumnya yaitu IDE/ATA, yaitu mencapai 2 TB. Hardisk jenis SATA ini memiliki berbagai keunggulan daripada hardisk jenis IDE/ATA.

SCSI

Pada hardisk selanjutnya ada hardisk SCSI atau yang disebut sebagai Small Computer System Interface. Jenis ini merupakan generasi terbaru dari hardisk dan memiliki kapasitas mencapat 5 TB dan juga memiliki kecepatan membaca paling tinggi.

Fungsi hardisk jenis SCSI ini biasanya dapat digunakan pada computer server atau computer penyedia database. Dengan menggunakan hardisk SCSI ini, maka kamu bisa mentransfer berbagai data jauh lebih cepat dan lebih efisien dari pada menggunakan IDE/ATA ataupun SATA.

Kamu dapat memilih berbagai jenis hardisk SCSI dan menggunakannya tergantung dengan kebutuhan yang kamu inginkan.

Fungsi Hardisk

Fungsi hardisk memiliki peranan yang sangat penting dalam membuat sebuah perangkat computer atau laptop memiliki performa yang cepat diantara fungsi hardisk adalah:

Tempat Menyimpan Database

Salah satu elemen terpenting dalam suatu sistem komputer adalah Database. Databse dapat membantu sebuahh program atau aplikasi untuk berjalan dengan baik.

Database ini biasanya disimpan di dalam harddisk pada komputer server. Hal ini dilakukan untuk memudahkan akses dari berbagai Client yang ingin mengaksesnya. Oleh karena itu, hardisk yang digunakan untuk menjadi server ini membutuhkan hardisk dengan kapasitas tinggi agar tidak terjadi masalah saat pengambilan data nantinya.

Selain itu, penggunaan database juga harus diperhatikan oleh pengguna agar semua data yang disimpan bisa aman. Karena itu penggunaan database ini memiliki kriteria tertentu.

Menyimpan Data dari OS

Selanjutnya, fungsi hardisk adalah sebagai tempat menyimpan data dari OS. Biasanya OS yang digunakan pada sebuah komputer kebanyakan adalah Windows. Baik Windows maupun OS lain membutuhkan hardisk untuk dapat mengpoperasikan sebuah komputer. Karena itulah, fungsi utama harddisk adalah untuk menginstal OS. Tanpa OS komputer tidak akan berfungsi bagi penggunanya.

Fungsi Hardisk Sebagai Media Penyimpanan Data

Penyimpanan Data dari Software

Harddisk juga memiliki peran dalam penyimpanan data dari software. Agar sebuah aplikasi bisa diinstal di perangkat komputer, maka diperlukan kapasitas harddisk yang cukup untuk aplikasi tersebut.

Bila harddisk yang kamu gunakan terlalu penuh dengan berbagai macam data, maka akan berpengaruh terhadap kinerja aplikasi tersebut, bahkan pada komputer.

Menyimpan Berbagai File Pengguna

Fungsi hardisk selanjutnya adalah tempat menyimpan berbagai file. Bagi pengguna, fungsi hardisk sangat vital sebagai tempat menyimpan segala macam data, file, serta dokumen virtual seperti .doc, .pdf, .mp3, dan lain-lain.

Dengan fungsi hardisk dalam menyimpan berbagai file tersebut, maka bisa dibilang harddisk adalah nyawa bagi seorang pengguna dalam komputernya. Saat harddisk rusak dan file yang telah disimpan emnghilang, tentunya menyebabkan berbagai hal yang harus dilakukan oleh pengguna menjadi tidak bisa dilakukan. Sepenting itulah fungsi hardisk pagi user.

Sebagai Back-up Data

Selain itu, fungsi harddisk lainnya adalah sebagai back-up data. Dengan kapasitas penyimpanan yang besar pada harddisk, maka kamu bisa menyimpan berbagai jenis data disana. Hal ini juga sangat berguna bila kamu takut kehilangan data data penting di komputer, sehingga bisa di simpan di harddisk sebagai cadangan.

Dengan begitu, kamu bisa mengamankan data-data kamu dari berbagai ancaman.

Dengan mengetahui beberapa jenis harddisk beserta fungsinya, kamu bisa memberikan yang terbaik untuk perawatan perangkat komputer dan laptop.

Apalagi peran yang dimiliki oleh harddisk sangatlah penting sebagai media penyimpanan data, membuat kamu harus ekstra hati-hati dalam memilih sesuai dengan kebutuhan. Bila data yang akan kamu simpan cukup banyak, sebaiknya langsung pilih harddisk dengan kapasitas yang tinggi.

Admin Yubli 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

5 Kebiasaan Sepele Yang Bisa Merusak Kesehatan Tubuh

Mon Jul 22 , 2019
Banyak yang tak sadar kebiasaan sehari-hari yang tidak kita sadar mengganggu dan merusak kesehatan tubuh anda. Mungkin hal tersebut sering kita anggap sepele dan menganggap bahwa itu tidak berdampak apapun. Tapi, sebenarnya hal tersebut bisa memberikan dampak buruk dalam jangka pendek maupun jangka Panjang. Sadar atau tidak sadar ada beberapa […]