5 Makanan Sehat Yang Bisa Menurunkan Kolesterol

Kolesterol merupakan penyakit yang sudah menjadi masalah orang banyak, bahkan kolesterol pun sekarang bukan lagi hanya diidap oleh orang tua melainkan usia mudah pun sekarang bisa menderita kolesterol. Mengkonsumsi makanan yang sehat dapat membantu anda untuk bisa mengurangi kolesterol dalam darah.

Ketika kita banyak mengkonsumsi makanan yang tidak sehat, seperti makanan siap saji, tentu hal tersebut akan meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Jika kolesterol sudah semakin banyak didalam kadar dalam darah makan dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti jantung dan stroke. Apabila anda sudah terlanjur menderita masalah pada kolesterol, maka sudah seharunya anda menjaga makanan dengen mengkonsumsi makanan sehat, untuk menghindari bahaya dari kolesterol tinggi.

Makanan Sehat untuk kamu yang menderita kolesterol tinggi

Untuk menurunkan tingkat kolsterol dalam darah anda, anda membutuhkan makanan sehat yang harus anda makan untuk menurunkan kadar kolsterol dalam darah. Berikut makanan yang baik dikonsumsi untuk penderita kolesterol:

  • Jelai dan Oat

Mengkonsumsi dua jenis makanan ini bermanfaat untuk mengikat kolesterol dalam usus dan dapat mencegahnya ketika makanan hendak masuk dan diserap oleh tubuh. Hal ini karena kandungan serat yang terdapat pada kedua makanan ini yang disebut dengan beta glukan.

Konsumsi 3 gram makanan yang kaya akan beta glukan dalam sehari dipercaya dapat mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh dan mengikatnya. Selain kedua makanan ini, kacang merah juga mengandung serat larut. Anda bisa menjadikan bubur oat sebagai sarapan dan mencampurkannya dengan buah-buahan lainnya seperti pisang untuk bisa menambahkan kadar serat dalam makanan anda. Kadar serat dalam buah-buahan dapat membantu untuk memperlancar pencernaan usus kamu.

  • Buah dan Sayuran

Sudah menjadi rahasia umum apabila buah dan sayuran yang sehat dapat membantu untuk bisa menurunkan kolesterol tinggi dalam darah. Sebab, buah dan sayuran merupakan makanan yang kaya akan serat dan lemak jenuh yang rendah.

Jika anda mengkonsumsinya lebih banyak maka anda akan merasa lebih kenyang sehingga mengurangi untuk bisa mengkonsumsi makanan dengan kadar lemak jenuh yang tinggi seperti makanan cepat saji. Sayuran dan buah-buahan seperti apel, pir, ubi, stroberi, terong dapat membantu anda untuk bisa menurunkan kolesterol dalam darah.

  • Kacang-kacangan

Kandungan kacang yang mengandung vitamin E, lemak tak jenuh, magnesium, serta, dan kalium serta protein mampu untuk mengurangi kadar kolesterol tinggi dalam darah. Anda bisa mengurangi kadar kolesterol dalam darah anda sebanyak 5% jika mengonsumsi sekitar 1-2 ons kacang-kacangan dalam sehari.

  • Beras Coklat

Dibandingkan dengan beras putih yang banyak mengandung glukosa, dan rendah serat. Beras coklat memiliki lebih banyak nutrisi dan kaya akan serat. Kandungan serat pada coklat inilah yang dapat membantu anda dalam menurunkan kolesterol tinggi dalam darah

  • Ikan dan asam lemak omega 3

Daging Ikan seperti salmon, tuna, sarden, dan tongkol banyak mengandung asam lemak omega 3 yang baik untuk menurunkan kadar tekanan darah. Omega 3 memang tidak berpengaruh dalam mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah, tetapi dapat menurunkan resiko terbentuknya pembekuan dalam darah sehingga memperlancar peredaran darah.

Konsumsilah setidaknya dua hingga tiga kali dalam seminggu. Omega 3 juga bisa mengurangi terkena serangan jantung mendadak serta mengurangi kadar trigliserida dalam kolesterol darah.

Nah, itulah 5 makanan sehat untuk penderita kolesterol. Pastikan anda memakan makanan sehat tersebut dengan dibarengi olahraga serta istrahat yang cukup. Semoga bermanfaat

Admin Yubli 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

5 Hewan Yang Menginspirasi Terciptanya Teknologi Manusia

Wed Jul 17 , 2019
Teknologi pada masa sekarang ini memang terbilang sangat canggih, mulai dari perabotan rumah tangga, sampai teknologi militer pun semua menggunakan teknologi canggih guna memudahkan manusia itu sendiri. Namun, bagaimanakah bila teknologi tersebut tercipta akibat dari pemikirsan yang yang terlahir dari alam sekitar khususnya hewan. Kemajuan teknologi terkadang tak melulu lahir […]