4 Penyebab Sakit Telinga Yang Harus Anda Waspadai

Ketika kita mengalami sakit di telinga tentu hal tersebut kerap kali mengganggu aktivitas sehari-hari. Salah satu penyebab gangguan kesehatan di telinga yaitu infeksi pada telinga. Sakit pada bagian telinga juga merupakan tanda adanya peradangan atau penumpukan cairan pada salah satu bagian telinga. Kali ini kita akan merangkup penyebab dari kondisi sakit telinga ini berikut adalah beberapa kondisi yang dapat menyebabkan terjadinya telinga sakit atau terasa tidak nyaman.

Telinga sendiri memiliki anatomi yang terdiri dari tiga bagian utama, yaitu bagian dalam, luar dan bagian tengah. Seluruh bagian ini memiliki perannya masing-masing dalam melakukan tugasnya untuk bisa membuat anda mendengar dengan baik. Selain untuk pendengaran juga telinga pada bagian dalam berfungsi untuk mengatur keseimbangan tubuh. Jika terjadi gangguan pada salah satu bagian telinga maka pendengaran dapat menjadi terganggu. Bila terjadi gangguan pada telinga bagian dalam, dapat pula terjadi gangguan keseimbangan tubuh atau vertigo.

Apabila anda mengalami gangguan pendengaran atau terdapat nyeri pada telinga, mungkin anda mengalami salah satu dari kondisi berikut ini:

Infeksi Pada Telinga

Infeksi telinga sendiri biasanya terjadi pada telinga bagian tengah. Infeksi ini ketika tuba Eustachius tersumbat atau bengkak, sehingga memyebabkan cairan pada bagian telinga tengah mengalami penumpukan. Penyumbatan pada bagian telinga tengah ini bisa disebabkan oleh penyakit flu, alergi merokok, infeksi sinus, atau produksi lender yang berlebih. Gangguan infeksi pada telinga ini biasanya terjadi pada anak-anak. Anak usia dibawah 10 tahun pernah mengalami gangguan ini sebanyak 75% anak yang berada pada usia tersebut.

Gejala infeksi pada telinga bisa kita rasakan antara lain berkurangnya pendengaran, nyeri dari dalam teling, dan keluar cairan dari dalam telinga menyerupai nanah. Walaupun infeksi ringan ini bisa sembuh dengan sendirinya, gejala yang muncul dapat kita cegah dengan mengkonsumsi obat-obatan seperti, dekongestan, atau Pereda nyeri. Selain itu, kita juga bisa menaruh kain hangat pada telinga yang terinfeksi dan juga menggunakan obat tetes teling yang dapat meredakan peradangan atau nyeri pada telinga tentunya dengan resep dari dokter.

Tinnitus

Tinnitus adalah kondisi dimana seseorang kerap kelai mendengar suara mendenging dari dalam telinga yang bukan berasal dari luar tubuh. Gangguan ini seringkali muncul pada saat terjadi sakit pada telinga akibat infeksi telinga tengah atau dalam, namun penyebab pasti dari tinnitus masih belum bisa diketahui dengan jelas.

Penanganan pada kondisi ini umumnya dilakukan dengan mendiagnosis penyebab pada tinnitus ini. Setelah diketahui penangannya akan disesuaikan dengan kondisi penyerta tersebut.

Penyakit Meniere

Kondisi yang kerap kali terjadi pada salah satu telinga ini, biasanya disebabkan karena cairan di dalam telinga yang menyebabkan vertigo secara tiba-tiba. Pusing berputar atau vertifo yang dating secara tiba-tiba disertai dengan tinnitus adalah dua gejala utama penyakit Meniere. Penyakit ini kerap kali terjadi pada orang dengan usia 20-50 tahun, dan biasanya ditangani dengan obat-obatan vertigo, dan suntikan pada bagian tengah telinga, atau melakukan operasi.

Barotrauma Telinga

Kondisi ini khusus kamu yang suka dengan aktifitas di dalam air dan udara seperti Diving , Mendaki gunung, dan bepergian dengan pesawat, karena cedera pada telinga ini mengakibatkan perubahan tekanan udara atau air pada seseorang saat melakukan aktifitas tersebut. Gejala utama yang sering muncul pada bartrauma telinga adalah hilangnya pendengaran, telinga terasa buntu, nyeri, dan sakit kepala.

Pada beberapa kasus yang kerap terjadi, sakit telinga dapat menyebabkan hilangnya pendengaran, misalnya oleh karena penuaan, paparan suara bising, cedera pada kepala atau teling, dan juga efek samping mengonsumsi obat-obatan tertentu. Mengingat rentannya telinga apabila terjadi gangguan-gangguan yang terjadi diatas, ada baiknya anda menjaga kesehatan telinga anda.

Untuk menghindari resiko yang tidak diinginkan atau lebih buruk segera periksakan telinga anda ke dokter spesialis THT (telinga, hidung, dan tenggorokan) begitu merasakan gangguan pada telinga anda atau sakit pada bagian telinga. Apabila tidak segera ditangani, gangguan telinga tersebut dikhawatirkan akan bersifat permanen.

Sekian dari artikel 4 penyebab sakit telinga yang perlu anda ketahui, semoga sehat selalu.

Admin Yubli 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

5 Makanan Sehat Yang Bisa Menurunkan Kolesterol

Tue Jul 16 , 2019
Kolesterol merupakan penyakit yang sudah menjadi masalah orang banyak, bahkan kolesterol pun sekarang bukan lagi hanya diidap oleh orang tua melainkan usia mudah pun sekarang bisa menderita kolesterol. Mengkonsumsi makanan yang sehat dapat membantu anda untuk bisa mengurangi kolesterol dalam darah. Ketika kita banyak mengkonsumsi makanan yang tidak sehat, seperti […]