Ketahui 4 Cara Mencegah Kanker Sejak Dini

Kanker hingga saat ini merupakan penyakit yang paling mematikan dan membahayakan. Penyakit ini merupakan pembunuh nomor satu di dunia. Menurut data dari Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO terdapat 18,1 juta kasus kanker baru dan 9,8 juta kematian yang terjadi pada tahun 2018.

Namun, beberapa jenis kanker masih bisa kita predikisi sebelum anda merasakan gejala apa pun. Kanker merupakan penyakit berbahaya yang tidak boleh kita anggap remeh, pada stadium awal penyakit ini menyerang seringkali tidak mengalami gejala.

Oleh karena itu, deteksi penyakit kanker sejak dini merupakan hal yang sangat penting agar penyakit ini tidak berkembang menjadi penyakit yang mematikan.

Pemeriksaan awal dalam tahap skrining merupakan cara untuk menanggulangi keberadaan penyakit sebelum mengalami gejala-gejala pada penyakit tersebut.

Tahap pemeriksaan awal atau skrining tersebut dianjurkan untuk dilakukan secara berkala, apalagi terutama untuk orang-orang yang berisiko tinggi untuk bisa menderita penyakit kanker tertentu seperti lansia dan penyakit carier yang berasal dari keturunan. Namun, sangat disayangkan tidak semua jenis kanker dapat diperiksa dan dideteksi di tahap stadium awal pemeriksaan.

Beberapa tes awal yang dilakukan untuk bisa mendeteksi kanker hanya diperuntukan bagi orang-orang dengan resiko genetic khusus. Lalu usia seseorang, riwayat penyakit dalam keluarga, serta riwayat penyakit yang pernah anda derita sendiri merupakan factor untuk menentukan tes mana yang sebaiknya disarankan untuk anda ambil. Berikut ini beberapa hal yang perlu di perhatikan secara khusus agar anda dapat melakukan beberapa tes termasuk tes medis

Pemeriksaan Yang Dilakukan Secara Berkala

Pemeriksaan yang dilakukan secara berkala dilakukan untuk mengetahui resiko dari kanker yang bisa menjangkit individu tertentu dengan riwayat kesehatan, factor usia, dan genetic. Seperti misalnya pemeriksaan mamografi untuk bisa mendeteksi kanker payudara, pemeriksaan pap smear untuk kanker serviks pada wanita, dan pemeriksaan kolonoskopi untuk pemeriksaan deteksi dini dari kanker usus. Semua pemeriksaan tersebut dilakukan minimal satu kali dalam setahun pemeriksaan secara berkala. Apalagi, dengan semakin bertambahnya usia yang dimiliki, maka factor resiko terkena kanker pun akan semakin besar.

Berikut beberapa pemeriksaan medis yang bisa dilakukan secara rutin agar bisa mendeteksi kanker sejak dini:

  • Pap smear, yang bisa dilakukan pada wanita usia 21-65 tahun
  • Mammografi, disarankan dilakukan secara rutin oleh wanita yang telah berusia 40 tahun
  • CT scan, biasanya pemeriksaan ini dilakukan dengan melakukan check up lengkap di rumah sakit. Hal ini juga disarankan untuk anda perokok aktif yang beresiko tinggi alami penyakit kanker paru-paru.

Apabila anda bingung pemeriksaan apa yang sebaiknya dilakukan untuk bisa mendeteksi dini penyakit kanker, anda bisa berkonsultasi dengan dokter. Dokter akan menganjurkan tipe pemeriksaan medis apa yang cocok untuk anda lakukan dan kapan harus melakukan tes pemeriksaan tersebut.

Telusuri Riwayat Kesehatan Keluarga

Menelusuri riwayat kesehatan keluarga juga merupakan hal yang penting untuk dilakukan agar mewaspadai factor resiko dari penyakit kanker. Riwayat kesehatan dari salah satu keluarga yang mengalami kanker bisa menjadi acuan untuk kita bisa menjaga kesehatan agar tidak terkena penyakit kanker.

Namun, beberapa jenis kanker seperti kanker payudara telah terbukti merupakan penyakit kanker yang diturunkan melalui factor genetic dari genarasi sebelumnya yang mengidap kanker payudara. Berbeda dengan jenis kanker lainnya yang sampai saat ini belum terbukti. Oleh karena itu, riwayat kesehatan keluarga merupakan “peringatan” dini bagi kita agar bisa menjaga kesehatan diri sendiri.

Pemeriksaan Terhadap Diri Sendiri, Ketahui Tubuh Anda

Anda merupakan orang yang pertama yang harus tau perubahan dan perbedaan yang terjadi di dalam tubuh anda sendiri. Beberapa jenis kanker pada, biasanya timbul benjolan atau pembengkakan yang terjadi di area tubuh tertentu.

Apabila anda menemukan ada bagian tubuh anda yang mengalami pembengkakan tiba-tiba, jangan remehkan hal tersebut dan segaralah periksakan diri ke dokter guna mencegah hal tersebut agar tidak menjadi penyakit yang berbahaya.

Selain gejala bengkak, gejala lainnya yang harus anda waspadai yaitu munculnya memar-memar pada permukaan tubuh secara tiba-tiba atau timbul pendarahan, entah itu mimisan atau gusi berdarah bianya gejala ini muncul pada kanker darah.

Deteksi Dini Faktor Penyakit Kanker Lainnya

Menghindari factor resiko dapat membuat anda rentan terkena penyakit kanker. Tidak sulit untuk mengubah pola hidup menjadi lebih sehat dengan meninggalkan kebiasaan-kebiasaan buruh seperti berhenti merokok, menjadi perokok aktif hanya akan membuat anda beresiko tinggi mengalami berbagai macam jenis kanker.

Menggunakan tabir surya untuk mencegah kanker kulit juga bisa kita lakukan. Serta tidak minum-minuman yang mengandung alcohol terlalu banyak karena akan menginkatkan resiko kanker hati. Dan yang terakhir selalu jaga asupan makanan dengan makanan yang sehat dan tinggi akan serat serta lakukan olahraga teratur secara rutin agar tubuh menjadi sehat dan bugar.

Sekian artikel 4 cara mencegah kanker sejak dini, bagaimana? Sudah bisa menentukan apa langkah selanjutnya untuk bisa mencegah kanker sejak dini? Jangan sampai menyesal dikemudiakn hari ya.

Admin Yubli 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

4 Penyebab Sakit Telinga Yang Harus Anda Waspadai

Thu Jul 11 , 2019
Ketika kita mengalami sakit di telinga tentu hal tersebut kerap kali mengganggu aktivitas sehari-hari. Salah satu penyebab gangguan kesehatan di telinga yaitu infeksi pada telinga. Sakit pada bagian telinga juga merupakan tanda adanya peradangan atau penumpukan cairan pada salah satu bagian telinga. Kali ini kita akan merangkup penyebab dari kondisi […]