Kenali Perbedaan Antara Bit dan Byte

Untuk kamu yang biasa berkecimpung didunia computer dan digital tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah yang namanya bit dan byte. Namun, terkadang ada sebagian dari kita yang termasuk awam mungkin belum mengenal istilah tersebut. Istilah bit dan byte tentu berbeda sekali dari segi kapasitas. Untuk lebih lanjutnya kami akan memaparkan perbedaan antara bit dan byte dibawah ini.


Pengertian Bit


Pertama-tama yang harus kamu ketahui tentang perbedaan antara Bit dan Byte yaitu dengan mengetahui istilah apa itu bit. Istilah bit merujuk pada “binary digit”, yakni satuan terkecil dalam system penyimpanan komputasi. Bit pertama kali di perkenalkan oleh John W.Tukey pada tahun 1947 silam. Kemudian, istilah tersebut dipakai oleh Claude E. Shannon dalam karya ilmiahnya setahun kemdian pada tahun 1948.


Bila di analogikan arti dari bit ini seperti sebuah tombol on off yang dapat “menyala” atau “mati” Nilai angka di dalam bit adalah “0” dan “1”. Penandaan system mati biasanya penggunakan angka “0”, lain halnya untuk angka “1” kondisinya dalam keadaan hidup atau memiliki arus listrik. Dalam dunia elektronik ataupun digital bit dilambangkan dengan huruf “b” kecil.


“Bps” atau biasa kita sebut bit per second (detik) merupakan kecepatan transfer satuan yang digunakan oleh bit. Contohnya ketika mengukur kecepatan sebuah modem yang terpasang kita bisa menggunakan 80 kbps atau 80 kilo bit per second. Satuan tersebut juga dikenal sebagai Sh yaitu merujuk pada penggunaan awal oleh Claud E. Shannon, namun penggunaan tersebut jarang sekali digunakan oleh orang-orang.


Pengertian Byte


Sedangkan untuk pengertian byte sendiri yaitu gabungan dari beberapa bit. Biasanya untuk lebih memudahkan, byte terdiri dari kumpulan delapan bit (8 bit). Jadi dengan kata lain satu byte sama dengan delapan bit. Berbeda dengan istilah bit, byte menggunakan istilah huruf kapital “B” (B besar). Byte seringkali digunakan dalam satuan penyeimapanan sebuah computer, besaran dalam sebuah folder. Informasi dan data yang didapatkan tersebut nantiny akan disimpan dalam sebuah memori di dalam computer. Seiring berjalannya waktu satuan byte pun mulai beragam dalam media penyimpanan lainnya mulai dari kilobyte (KB), megabyte (MB), gigabyte (GB) dan terabyte (TB).


Istilah byte ini pertama kali diperkenalkan oleh Dr. Werner Buccholz tahun 1956 dia adalah seorang ilmuwan di IBM. Di Tanar air sendiri isitlah byte dikenal juga dengan istilah bita. Akan tetapi, orang-orang lebih familiar dengan byte dalam dunia komputasi dan digital. Pada zaman abad 21 ini ukuran paling besarnya adalah yottabyte (YB) dan satuan ini empat tingkat jauh lebih tinggi dari terabyte (TB). Bisa dibayangkan betapa besar media penyimpanan ini untuk sebuah computer bukan?


Cara Mengetahui Perbedaan Bit dan Byte di Komputer


Lalu, bagaimana agar kita mengetahui perbedaan antara bit dan byte di computer dengan mudah? Mungkin bagia sebagian dari kita mengetahui perbedaaan ini sedikit membingungkan dan terkecoh dengan kecepatan internet. Dalam internet biasanya sang provider internet menuliskan kecepatan bandwidth menggunakan satuan bit. Sementara untuk computer ketika menyimpan sebuah data dia akan menyimpannya dengan satuan byte. Cara mudah agar mengetahui perbedaan bit dan byte adalah melihat lambing satuannya, dan setelah itu kamu bisa mengkonversikan satuan bit atau byte tersebut.


Misalkan sebuah provider menawarkan kecepatan 8.2 Mbps, kecepatan sebenarnya ketika kita mendownload tinggal membaginya saja 8.2 :8 ( dengan asumsi 1 byte = 8 bit), jadi dari perhitungan tersebut kecepatan sebenarnya untuk mendownload data adalah 1.025 KBps. Untuk lebih mudahnya, perbedaan bit dan byte berdasarkan nilai konversi yang dihitung diketahui 1KB sama dengan 1,024 byte. Sementara 1MB setara dengan 1.024 KB dan 1 GB setara dengan 1.024 MB.


Meski perbedaan antara bit dan byte terdengan cukup mirip namun kamu perlu mengetahui hal tersebut dan memilih Provider Internet Terpercaya untuk kebutuhan bisnismu.

Admin Yubli 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Ketahui 4 Cara Mencegah Kanker Sejak Dini

Thu Jul 11 , 2019
Kanker hingga saat ini merupakan penyakit yang paling mematikan dan membahayakan. Penyakit ini merupakan pembunuh nomor satu di dunia. Menurut data dari Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO terdapat 18,1 juta kasus kanker baru dan 9,8 juta kematian yang terjadi pada tahun 2018. Namun, beberapa jenis kanker masih bisa kita predikisi […]