Mengenal Pengertian Bandwidth dan Fungsinya

Istilah Bandwidth mungkin sudah tidak asing lagi untuk kamu yang sering munggunakan atau membeli Web Hosting. Untuk pengguna internet atau yang terbiasa dengan dunia internet dan computer tentu istilah ini sudah menjadi hal yang wajar diketahui. Istilah Bandwidth sendiri sering muncul ketika membahas VPS atau Virtual Private Server. Namun, bagi sebagian pengguna internet atau masyarakat istilah Bandwith masih belum diketahui. Kali ini Yubli Hosting akan menjelaskan sedikit tentang Bandwidth dari mulai pengertiannya hingga fungsinya.

Mengenal Apa Itu Pengertian Bandwidth?

Dalam dunia internet bandwidth sendiri merupakan sebuah batas nilai konsumsi sebuah data yang digunakan dalam server maupun perangkat klien dalam waktu yang ditentukan. Batas nilai konsumsi dari bandwidth yaitu dihitung berdasarkan bit per second atau bit/detik. Selain memiliki batas konsumsi yang dihitung berdasarkan bit per second atau bit/detik, bandwith mencakup frekuensi sinyal dalam sebuah medium transimi.

Lain halnya dengan istilah di dalam jaringan computer, pengertian badwidth seringkali merujuk pada data transfer rate. Dengan kata lain jumlah data transfer dari satu lokasi ke lokasi lainnya dengan periode waktu tertentu. Dan juga satuan yang dihitung dalam bandwidth menggunakan detik. Dengan kata lain, hal tersebut merupakan kapasitas maksimum yang dibatasi menggunakan data yang dikirim dalam satu jalur per detik.

Jenis-jenis Bandwidth Yang Perlu Diketahui

Berdasarkan jenisnya sendiri bandwidth terdiri dari dua jenis yang pertama yaitu bandwidth analog, dan yang kedua yaitu bandwidth digital. Bandwidth digital sendiri memiliki kapasitas yang ditunjukan secara digital seperti Namanya bandwidth digital. Data yang disalurkan sendiri bisa berupa kapasitas yang dipergunakan di dalam sebuah saluran transmisi nirkabel maupun menggunakan kabel dalam satua bit/detik. Misalkan dalam mentransfer data dalam kecepatan 40 kilobyte per detik (Kbps).

Berbeda dengan bandiwidth analog untu satuan frekuensi yang dihitung adalah satuan Hertz (Hz) didalam siklus per detik. Siklus inilah yang menentukan seberapa banyaknya informasi yang bisa dihasilkan melalui transmisi didalam sebuah jaringan dalam periode tertentu.

Fungsi dan Kegunaan Bandwidth     

Bandwidth sendiri memiliki peranan fungsi dalam hal mengirimkan data melalui saluran transmisi baik itu nirkabel maupaun kabel. Lalu apa sajakah kegunaan bandwirdth di dalam sebuah jaringan internetn maupun jaringan computer? Berikut adalah beberapa fungsi dan kegunaan dari bandwidth yang perlu kamu ketahui:

Media untuk mengirimkan data

Bandwidth sendiri memiliki kegunaan utama yiatu sebagai media untuk mentransfer data dari satu lokasi ke kelokasi lainnya. Analoginya bandwidth ini sama fungsinya dengan penyaluran debit air dengan pipa. Proses data yang ditransmisikan melalui kabel LAN yang saling berhubungan satu denga yang lainnya di dalam perangkat sebuah computer. Kini juga telah dikembangkan transmisi nirkabel untuk transfer data Bandwidth.

Pembatas Kecepatan Transfer Data

Kegunaan lainnya dari Bandwidth adalah sebagai pembatas kecepatan transfer pengiriman data. Jika data  didistribusikan dengan mentransmisi data secara merasa maka proses pengunduhan data menjadi lebih besar. Dan apabila tidak dibatasi pengguna lainnya akan mengalami kelambatan dalam menstransfer data bahkan tidak akan mendapatkan jaringan internet. Dimisalkan saja apabila kita sedang mendownload sebuah video dengan resolusi yang tinggi High Definition (HD), dan disaat yang bersamaan ada pengguna lainnya juga yang sedang mendownload video beresolusi standar, maka pengguna kedua ini akan mengalami kelambatan dalam mentrasfer sebuah data di dalam proses pengunduhannya.

Besaran Data yang dikirim Bisa dibatasi

Selain membatasi kecepatan dalam mentransfer data, kegunaan bandwidth juga yaitu untuk membatasi besaran data data dalam periode tertentu. Biasanya hal ini hanya bisa dilakukan oleh layanan hosting maupun administrator jaringan. Contohnya saja penyedia hosting membatas besaran bandwidth data hingga 4 GB per bulan. Dari sini dapat di lihat berlaku bagi semua pengguna tidak peduli berapa jumlah perangkat yang diakses Batasan tranfer data yang dihasilkan maksimal 4 GB.

Oleh karena itu dalam memilih bandwidth, kamu juga harus melihat penyedia layanan hosting yang terpercaya di Indonesia. Dengan memilih Yubli Hosting sebagai solusi Hosting Terpercaya di Indonesia dengan kualitas hosting terbaik dan juga dengan fasilitas terlengkap. Kamu bisa memiliki hosting hanya dengan Rp. 1.000-an saja.

Admin Yubli 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Mengenal Apa Itu DNS, Fungsi, Serta Cara Kerjanya

Fri Jul 5 , 2019
DNS atau Domain Name System merupakan sebuah system yang memudahkan komunikasi antara manusia dengan computer. Ketika manusia menggunakan nama mereka untuk pengenalan, dan computer menggunakan angka, dan DNS merupakan jembatan untuk diantara keuda hal tersebut agar menyesuaikan penamaan dengan angka dalam daftar tertentu. Contoh untuk DNS ini kita bisa melihatnya […]