Mengenal Jenis-Jenis Hosting dan Domain

Ketika kita membangun sebuah website tentu kita sering mendengar istilah Hosting dan Domain. Namun, bagi kamu yang baru pertama kali membuat website mungkin belum begitu familiar dengan nama tersebut. Sebab, Hosting dan Domain ini merupakan hal yang sangat penting ketika membangun sebuah website.

Selain wajib mengetahui pengertian dan fungsi dari hosting dan domain kamu juga harus mengetahui jenis-jenis dari hosting dan domain itu sendiri. Pada artikel kali ini Yubli.com akan membahas jenis-jenis dari hosting dan domain berikut ulasannya:

Jenis-jenis Domain

Penamaan domain sendiri terbagi menjadi beberapa jenis ekstensi atau kata yang berada dibelakang domain setelah penamaan seperti nasigorang .net, .com, .org, dan lain sebagainya. Domain itu disebut sebagai TLD (top level domain). Domain TLD (top level domain) terdiri dari dua jenis domain yaitu Country Code Top Level Domain (ccTLD) dan Generic Top Level Domain (gTLD).

gTLD merupakan domain yang memiliki akhiran penamaan seperti .net, .com, dan .org, sedangkat untuk ccTLD merupakan TLD yang memiliki ciri khas berupa penamaan dari negara masing-masing, seperti misalkan Indonesia dengan penamaan kode ID (co.id, net.id, .id, go.id dan lain sebagainya) atau Jepang dengan kode JP (co.jp, or.jp, ne.jp dan lain sebagainya).

Penamaan domain merupakan hal yang sangat penting untuk menentukan identtias awal sebuah website yang akan dibuat. Nah, bagi kamu yang ingin membeli sebuah domain website pastikan untuk memilih domain dengan hati-hati dan sesuai dengan kategori website yang ingin dibuat.

Jenis-jenis Hosting

Hosting merupakan tempat untuk menyimpan data-data penting di sebuah website seperti gambar, video, text, pemograman, dan lain sebagainya. Terdapat beberapa jenis-jenis hosting yang biasa di gunakan berikut jenis-jenis hosting beserta pengertiannya.

1. Shared Hosting

Shared hosting merupakan layanan hosting yang memakai acount hosting di satu tempat dalam satu server, dan memakai service yang sama. Keuntungan menggunakan shared hosting ini adalah harganya yang murah dan paling terjangkau dari layanan web hosting lainnya.

2. Dediceted Hosting

Untuk Dedicated Hosting sendiri merupakan layanan hosting dimana si pelanggan memiliki 1 account atau 1 website atau 1 klien saja. Privasi yang lebih baik dan performa yang bagus merupakan keuntungan yang akan didapatkan dari Dediceted Hosting tersebut, dan juga server yang digunakan tidak di pakai oleh pihak ketiga.

Dedicated Hosting terdiri dari Colocation dimana pelanggan menyediakan mesin sendiri dan ditaruh di data center si penyedia hosting, dan Dedicated Server dimana mesin yang ada disediakan oleh si penyedia hosting.

3. VPS Hosting

VPS hosting atau yang biasa disebut Virtual Private Server hosting. VPS hosting sendiri memiliki penawaran mesin virtual untuk pelanggan yang akan menyewa VPS Hosting. Konsep Virtual Hosting sendiri memiliki kemiripan dengan shared hosting dimana komputer server dapat dimiliki oleh beberapa situs yang berjalan bersama diatasnya. Namun, perbedaannya setiap teknologi VPS Hosting harus memiliki mesin sendiri untuk menunjang VPS Hosting tersebut.

4. Cloud Hosting

Cloud Hosting merupakan teknologi terbaru yang mungkin belum bisa anda temui pada beberapa layanan hosting. Cloud Hosting memiliki konsep teknologi terbaru dengan konsep komputasi awan yang memiliki kecepatan lebih baik dan juga lebih aman untuk digunakan karena Cloud Hosting tidak hanya memiliki satu server saja tetapi mengandalkan banyak server yang tersebar di berbagai titik dan berbagai negara. 

Itulah berbagai jenis-jensi hosting dan domain yang bisa kamu pelajari sebelum membuat sebuah website. Dapat PAKET HOSTING terbaik kamu di Yubli.com hanya dengan uang Rp. 1000-an, dan miliki juga PROMO DOMAIN termurah untuk kamu pelanggan Yubli.com. Kamu bisa dapatkan domain hanya dengan Rp. 17.000-an saja dan nikmati juga berbagai kemudahan fasilitas yang disediakan oleh Yubli.com.

Admin Yubli 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Mengenal 5 Perbedaan Blog dan Website

Thu Jul 4 , 2019
Untuk kamu yang baru membangun sebuah website atau blog, mungkin masih ada diantara kamu yang masih kebingungan dengan perbedaan website dan blog. Sebagai pebisnis online pemula yang baru terjun di dunia internet, tentu kamu tidak hanya bisa mengandalkan penjualan melalui media social semata dalam menjangkau konsumen baik di tanah air […]